Sains

5 Kereta Uap Terkuat yang Pernah Dibangun Sepanjang Sejarah

Ketika berbicara tentang kekuatan dan inovasi teknologi di bidang transportasi, lokomotif uap menjadi salah satu tonggak sejarah yang tak terpisahkan dari perkembangan industri. Mereka bukan hanya alat transportasi, tetapi juga lambang kemajuan pada masanya, mampu menarik ratusan gerbong sekaligus. Mari kita telusuri lima lokomotif uap paling kuat yang pernah dibangun, menjelajahi kekuatan dan desain yang membuatnya menjadi legenda dalam sejarah kereta api.

DM&IR Yellowstone

Salah satu raksasa di dunia lokomotif uap adalah DM&IR Yellowstone. Dengan berat mencapai 624 ton, Yellowstone adalah lokomotif uap terbesar dan terberat yang pernah beroperasi. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 6.250 daya kuda (horsepower) dan memiliki kecepatan maksimal hanya 45 mph. Namun, daya tariknya terletak pada kekuatan tarik (tractive force) yang luar biasa, mencapai 140.093 pound-force (lbf), lebih tinggi 3,5% dibandingkan dengan Union Pacific Big Boy. Dengan kapasitas untuk membawa berat hingga 40.027 ton, Yellowstone dapat menarik hingga 280 gerbong yang sepenuhnya dimuat—sebuah pencapaian yang sangat mengesankan untuk ukuran kereta api saat itu.

Norfolk and Western Class Y6a

Selanjutnya, kita menjumpai Norfolk and Western Class Y6a yang memulai debutnya pada tahun 1912. Sementara model awalnya tidak termasuk yang paling kuat, peningkatan pada model Y6a mengubah segalanya. Dikenal karena daya tarik yang mengesankan, Y6a dapat menghasilkan hingga 166.000 lbf setelah mendapatkan upgrade. Meskipun kecepatan maksimumnya hanya 50 mph dari mesin 5.600 tenaga kuda, lokomotif ini dapat menarik sekitar 47.429 ton atau sekitar 331 gerbong penuh. Meski kini tidak ada yang beroperasi, satu unit dipajang di St. Louis Museum of Transportation, menjadi saksi sejarah kekuatan tarik yang fenomenal.

Virginian Railways XA

Di sisi lain, Virginian Railways XA adalah contoh unik dari lokomotif uap. Dibuat dengan desain triplex, XA memiliki tiga set penggerak. Meskipun kecepatan maksimumnya hanya 5 mph, lokomotif ini dirancang untuk membantu kereta lain melewati tanjakan curam dengan mendorongnya dari belakang. Dengan kekuatan tarik sebesar 166.600 lbf, XA mampu membawa hingga 47.600 ton barang. Namun, setelah beberapa waktu, Virginian Railways memutuskan untuk tidak melanjutkan penggunaan lokomotif ini dan akhirnya dikembalikan ke Baldwin, yang mana kemudian diubah menjadi dua mesin terpisah.

Erie Class P-1

Salah satu inovasi dalam desain triplex adalah Erie Class P-1 yang mampu menghasilkan daya tarik hingga 176.256 lbf. Lokomotif ini memiliki kapasitas teoritis mencapai 50.359 ton atau sekitar 352 gerbong penuh. Meski lambat, dengan kecepatan maksimum sekitar 10 mph, P-1 memiliki tujuan utama untuk membantu kereta lain melewati tanjakan curam. Meskipun P-1 adalah salah satu yang paling kuat, sayangnya semua unitnya dihapus dari peredaran pada tahun 1933.

Virginian Railway Class AE

Terakhir, kita berbicara tentang Virginian Railway Class AE, yang diakui sebagai lokomotif uap paling kuat di dunia. Dengan tata letak roda 2-10-10-2, mesin ini memiliki silinder tekanan rendah berdiameter 48 inci, yang merupakan yang terbesar yang pernah ada. Boiler terbesarnya dapat menangani tekanan hingga 215 psi. Ketika dikonfigurasi dengan cara Mallet, Class AE dapat menghasilkan sekitar 176.000 lbf. Namun, saat diatur dalam konfigurasi gear sederhana, lokomotif ini mampu mencapai kapasitas lebih dari 50.457 ton atau lebih dari 350 gerbong sepenuhnya dimuat. Meskipun sepuluh unit dibangun, semuanya telah dipensiunkan dan dibongkar pada tahun 1949, meninggalkan jejak yang hanya bisa dikenang dalam sejarah kereta api.

Lokomotif-lokomotif ini tidak hanya sekadar kendaraan, mereka adalah simbol kekuatan dan inovasi pada masanya. Setiap lokomotif memiliki cerita dan karakter uniknya sendiri, mencerminkan kemajuan teknik dan kebutuhan industri pada saat itu. Dari Yellowstone yang raksasa hingga Class AE yang megah, perjalanan melalui sejarah lokomotif uap adalah perjalanan yang menakjubkan penuh dengan pencapaian luar biasa dalam mekanika dan desain.

Redaksi Ponta

PONTA adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi di Indonesia. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, PONTA memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button